wew

Sabtu, 04 Agustus 2012

Versi-versi Android

Pemberian nama untuk versi Android sangatlah unik, mengapa? Karena dalam semua versi android penamaannya sesuai dengan makanan, seperti cupcake, froyo, gingerbread dan sebagainya. Tidak hanya dalam nama versinya, logo atau icon dari setiap versi pun sangat lucu dan tentu saja icon tersebut disesuaikan dengan nama makanan dalam setiap versi android tersebut. Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang versi android dari yang pertama samapi yang terbaru.

Versi 1.1
Android versi 1.1 dirilis oleh Google pada tanggal 9 Maret 2009. Versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail dan pemberitahuan email.


Versi 1.5 (Cupcake)
 Masih di tahun 2009, tepatnya pada pertengahan bulan Mei, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 atau biasa disebut Cupcake. Dibangun di atas Linux Kernel 2.6.27. Dalam versi ini terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur. Pembaruan dan penambahan fitur ini lebih ke segi multimedia. Pembaruan tersebut diantaranya :
- Interface android lebih menarik dengan adanya penambahan efek-efek animasi
- Dapat merekam dan menonton video dengan modus kamera
- Mengupload video ke Youtube dan gambar ke Picasa (Youtube dan Picasa merupakan produk Google)
- Kemampuan terhubung secara otomatis ke perangkat Bluetooth
- Dilengkapi soft keypad dengan fitur autocomplete.




Versi 1.6 (Donut)
Donut dirilis pada 15 September 2009 yang dibangun di atas Linux Kernel 2.6.29. Banyak terobosan baru di sistem jaringan dan konektivitas. Pembaruan di versi ini diantaranya :
- Pengayaan aplikasi android market
- Menampilkan proses pencarian yang lebih baik dari sebelumnya
- Pengintegrasian antara kamera, kamera video dan galeri foto
- Adanya penambahan fungsi seleksi multi untuk foto pada galeri (memilih banyak foto untuk di hapus)
- Mendukung resolusi layar WVGA
- Peningkatan teknologi jaringan untuk CDMA/EVDO, gesture dan mesin text to speech.


Versi 2.0/2.1 (Eclair)

Ponsel android dengan versi 2.0/2.1 kembali diluncurkan pada 3 Desember 2009. Versi ini banyak mengalami pembaruan dari segi pengoptimalan hardware dan software. Pembaruan lainnya yaitu :
- Perubahan user interface dengan browser baru dan dukungan HTML 5
- Peningkatan Google Maps
- Dukungan untuk Microsoft Exchange
- Kamera dengan flash dan digital zoom
- Mendukung lebih banyak layar dan resolusi layar
- Peningkatan pada aplikasi virtual keyboard serta daftar kontak baru.


Versi 2.2 (Froyo)
Froyo yang merupakan kepanjangan dari Frozen Yoghurt, dibangun di atas Linux Kernel 2.6.32 dan dirilis pada 20 Mei 2010 dengan adanya perbaikan sebulan kemudian. Dalam versi ini banyak peningkatan yang dilakukan dari android versi sebelumnya. Peningkatan tersebut diantaranya:
- Kecepatan kinerja dan aplikasi 2 samapi 5 kali lebih cepat dari versi terdahulunya
- Dari segi aplikasi, android market telah diperbaharui dengan fitur update otomatis, adanya dukungan Adobe Flash 10.1 serta aplikasi-aplikasi yang dapat di simpan di memori eksternal (karena pada versi-versi sebelumnya semua aplikasi hanya dapat disimpan di memori internal / utama)
- Dari segi konektivitas yaitu kemampuan WiFi Hotspot portable serta penambahan pilihan untuk menonaktifkan akses data jaringan mobile.


Versi 2.3 (Gingerbread)
Menjelang akhir tahun 2010, tepatnya pada 6 Desember 2010 android versi 2.3 yang dibangun di atas Linux Kernel 2.6.35 diluncurkan. Perubahan-perubahan umum yang terdapat dalam android versi ini diantaranya :
- Dukungan kemampuan NFC (Near-Field Communication). Aplikasi ini memungkinkan komunikasi antar perangkat elektronik dalam jarak yang dekat. NFC memungkinkan orang untuk melakukan hal yang mereka inginkan dengan menyentuh atau menempatkan perangkat mereka dekat dengan layanan yang dikehendaki.
- Tampilan antarmuka (user interface) pada gingerbread lebih rapi dan mudah dipelajari serta menu dan tema visual yang diperbaiki oleh Google untuk memudahkan navigasi.
- Adanya shortcut untuk sebuah aplikasi, yaitu Manage Applications yang berguna untuk melihat berapa besar memori yang diserap oleh masing-masing aplikasi yang sedang berjalan.
- Kemampuan untuk memilih lalu melakukan copy, cut atau paste semakin lebih baik, karena dilengkapi dengan marker (penanda) yang bisa digeser sebelum menyalin.
- Penngkatan kemampuan permainan

Namun sayangnya, tidak semua perangkat dapat diupgrade ke versi 2.3 ini. Spesifikasi minimum agar dapat di upgrade ke gingerbread adalah kapasitas CPU 1 GHz, RAM 512 MB, diagonal layar minimal 3.5".


Versi 3.0 / 3.1 (Honeycomb)
Honeycomb atau sarang madu ini hanya dirancang khusus untuk tablet. Versi final android 3.0 diluncurkan pada tanggal 22 Februari 2011, sedangkan Android 3.1 diluncurkan pada 11 Mei 2011. User Interface pada honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi processor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Honeycomb memberikan ruang bagi grafis untuk beraksi maksimal. Efek 3D lebih banyak ditampilkan dan layout yang terkesan lebih lega karena didesain khusus untuk tablet. Browser sudah dilengkapi dengan multi tab, sehingga pengguna dapat mengakses beberapa situs secara bersamaan.


Versi 4.0 (ICS) 
 
ICS atau Ice Cream Sandwich resmi dirilis pada 19 Oktober 2011 bersamaan dengan dirilisnya handphone Samsung Galaxy Nexus di Hongkong. Jika sebelumnya penggunaan versi android untuk handphone dan tablet berbeda, maka pada versi ICS ini akan menjadi pemersatu atau tidak ada lagi versi berbeda untuk Hp dan tablet android. Pada versi ini juga dilakukan beberapa pembaruan dan penambahan fitur, diantaranya :
- Browser yang lebih cepat dari versi sebelumnya, mampu menyimpan konten situs secara offline dan juga mampu melihat versi dekstop dari suatu situs.
- Android Beam, yaitu fitur berbasis NFC yang memungkinkan pengguna berbagi bermacam konten, seperti musik, gambar, video dll.
- Face Unlock : fitur unlocking layar dengan mendekatkan wajah pengguna ke kamera depan
- Kemampuan melihat penggunaan data dalam suatu periode tertentu, sekaligus kemampuan untuk melihat aplikasi mana saja yang memakai data dan juga memberi limit penggunaan data.
- Daftar kontak baru, dimana detail kontak dapat bersumber dari jejaring sosial seperti Google+, facebook, twitter dan sebagainya.
- Pengguna dapat memasukkan aplikasi, link web maupun folder kedalam tray favorit yang akan mempermudah dan memeprcepat akses.







source : tiqhatik.blogspot.com 
          google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar